) )
Animasi iklan merupakan strategi pemasaran paling efektif untuk UMKM makanan dalam meningkatkan omzet penjualan.
Terdapat beberapa strategi yang secara efektif digunakan oleh UMKM. Strategi pertama adalah dengan mengidentifikasi tujuan iklan. Identifikasi terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai dari iklan yang dijalankan. Apakah iklan dijalankan untuk memperkuat branding/kesadaran konsumen akan produk, mendatangkan pelanggan baru atau difokuskan langsung untuk meningkatkan omzet penjualan.
Strategi selanjutnya adalah dengan mengidentifikasi target pasar yang akan dituju. Apakah target akan difokuskan untuk keluarga, gen z, mahasiswa atau kelompok tertentu yang ada di masyarakat. Identifikasi target pasar yang baik, animasi iklan yang diproduksi bisa disesuaikan mulai dari warna, penulisan dan desain dengan audiens yang dituju.
Strategi paling penting adalah dengan menggambarkan pesan yang menarik dan relevan dengan animasi iklan yang diproduksi. Animasi iklan harus menggambarkan secara jelas keistimewaan produk, keunggulan rasa dan nilai tambah lain yang membedakan produk dengan UMKM sejenis.
Animasi iklan juga harus dirancang dengan desain visual yang sesuai citra merek produk. Gaya visual yang tepat akan membantu menarik perhatian target pasar yang dituju dan membangkitkan emosi serta koneksi dengan penonton.
Seperti animasi iklan yang dibuat untuk produk UMKM Kripik Melon Melunra. Dengan tagline unggulan produk premium quality dan terbuat dari 100% buah melon asli, design dibuat menggunakan warna hijau. Pada detik awal, menampilkan animasi produk serta buat melon dengan headline yang jelas. Hook yang digunakan sangat menggambarkan dengan jelas produk yang dijual serta keunggulan produk.
Animasi iklan slide selanjutnya berisi keunggulan yang dimiliki Kripik Melon Melunra yang tidak dimiliki oleh produk lain. Menghilight produk yang terbuat dari 100% buah melon premium sehingga bisa masuk pada kategori snack sehat serta diolah dengan mesin penggoreng khusus. Dalam animasi iklan Kripik Melon Melunra juga menjelaskan produk cocok dikonsumsi oleh semua kegiatan. Mulai dari kumpul keluarga, saat santai bahkan teman saat mengerjakan tugas.
Animasi iklan untuk Kripik Melon Melunra juga dilengkapi dengan call to action yang jelas. Kalimat yang langsung mengarahkan audiens untuk melakukan pembelian melalui marketplace, sangat tepat untuk tujuan awal pembuatan animasi iklan yang diarahkan langsung untuk meningkatkan omzet penjualan. Setelah animasi iklan selesai terproduksi, pilih platform distribusi yang tepat untuk animasi tersebut. Mulai dari media sosial (Facebook, Instagram, YouTube), situs web bisnis, atau layanan streaming. Pastikan animasi iklan dapat dilihat oleh audiens target yang telah ditentukan.
Setelah iklan berjalan, lakukan analisis terhadap kinerja animasi iklan tersebut. Tinjau metrik seperti jumlah tayangan, interaksi, dan konversi penjualan untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye.Terakhir, berdasarkan hasil analisis tersebut, sesuaikan strategi pemasaran Anda untuk iterasi berikutnya. Ambil pelajaran dari keberhasilan dan kegagalan untuk meningkatkan efektivitas kampanye Anda di masa mendatang.
Dengan mengikuti strategi-strategi ini, Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran animasi iklan paling efektif untuk UMKM makanan agar bisa meningkatkan omzet penjualan.